Senin, 17 Maret 2014

Permainan Tradisional Indonesia

Permainan Tradisional Indonesia

Permainan bentengan yaitu satu diantara permainan tradisional yang pantas dilestarikan. Dalam permainan yang diberi nama bentengan ini, beberapa pemain dituntut untuk pintar berstrategi, kompak, ingin bekerja bersama serta tangkas. Jadi tak hanya memproses raga, permainan tradisional yang satu ini dapat melatih mental serta mengasah kreatifitas. Kiat yang tepat bakal bikin lawan kewalahan serta meninggalkan bentengnya. Kecepatan gerak serta lari benar-benar diperlukan. Seseorang pengatur serangan juga sanagt bertindak dalam merebut benteng.

Langkah Bermain Bentengan
Permainan bentengan ini lebih seru bila dimainkan oleh 6 orang atau lebih. Beberapa pemain dibagi jadi 2 grup hingga masing-masing grup sejumlah 3 orang. Semasing grup menentukan pohon atau tiang untuk bentengnya. Pekerjaan beberapa pemain yaitu melindungi bentengnya supaya tak dikuasai lawan. Mereka juga mesti membuat perlindungan rekan-temannya supaya tak ditawan musuh. Ketentuan yang diaplikasikan barangkali saja tidak sama di satu tempat dengan tempat yang lain. Yang pasti yaitu kekompakan mesti ada.

Ada ketentuan yang menyampaikan bila penjaga benteng tetap menyentuh bentengnya, itu berarti mereka tetap dapat menjaga bentengnya. Penyerang tak dapat merebut beteng dengan seenaknya. Bila mereka tersentuh oleh yang memiliki benteng, berarti pemain itu kalah serta tak bisa lagi menyerang atau mungkin dengan kata lain jadi tawanan. Tawanan ini dapat dibebaskan lewat cara rekannya menyentuh badannya.

Yang jadikan permainan ini seru yaitu bahwasanya pemain yang ada di benteng mesti juga melindungi tawanannya. Bila tawanan sudah disentuh oleh rekannya, ia mesti menyentuhnya kembali hingga tawanan itu terus tak dapat lolos. Letak tawanan tak terlampau jauh dari benteng. Tindakan rebutan tawanan ini benar-benar seru. Anak-anak bakal berteriak serta sama-sama memanggil nama untuk satu langkah mengatur serangan. Umumnya anak yang dikira cerdas serta memiliki kecepatan gerak yang lincah bakal jadikan tetua.

Permainan ini dapat berjalan benar-benar lama sesuai sama dengan ketahanan badan masing-masing. Bila di sekolah, permainan ini umumnya dimainkan diwaktu istirahat. Terdapat banyak tim yang turut bermain. Yang dapat digunakan untuk benteng dapat pula tiang bendera. Sering jug apohon yang cukup besar yang dapat dipeluk atau tak lagi patah bila ditarik. Seluruhnya anak dapat main bentengan. Anak-anak umur 6-12 th. itu mungkin berbaur jadi satu.

Permainan satu ini sudah pasti bakal bikin fisik anak bagus. Seandainya mereka tak tunda minum atau jadi tak minum sekalipun, permainan ini bakal menyehatkan. Sebagai hambatan yaitu bau tubuh anak-anak yang berkeringat. Dalam kelas yang diisi anak beberapa 30-40 orang, dengan bau keringat dari 10 orang anak saja, kadang-kadang jadi cukup mengganggu. Terlebih bila area kelas yang ber-AC.

Inilah resiko yang perlu dijamin oleh guru. Pada bln. Ramadhan juga kadang-kadang anak-anak tetap main bentengan. Kadang-kadang mereka bermain di koridor sekolah atau didalam area kelas. Permainan ini memanglah cukup popular terlebih pada masa th. 80an sampai 90-an. Pada ketika kini ini, bentengan barangkali telah tidak sering dimainkan. Karenanya ada beragam type gadget yang bikin anak jadi sunggan menggerakan fisiknya. Mereka lebih menentukan game yang ada di internet atau game yang ada di tab atau iPad-nya.

Permainan yang ada di computer jadi lebih menantang serta tak mesti berkeringat hingga tubuh tak bau. Ada untung ruginya juga saat anak ingin bergerak. Fisik yang bergerak itu bakal bikin anak dapat sedikit jauh dari diserang penyakit diabetes. Banyak anak-anak dengan badan obesitas semestinya jadi suatu hal yang cukup memprihatinkan. Michelle Obama yang disebut ibu negara Amerika benar-benar mencermati situasi ini. Ia lakukan gerakan nasional menghindari anak dari obesitas.

Obesitas ini adalah satu diantara penyakit yang bakal mengakibatkan type penyakit lain seperti jantung serta diabetes. Bila sudah terkena penyakit jantung atau diabetes, penyembuhan yang cukup rumit bakal bikin keluarga ribet serta anak bakal alami kesusahan lain dalam pergaulannya. Anak bertubuh tambun ini kerap jadi satu diantara tujuan empuk penghinaan.

Bentengan dapat jadi satu diantara permainan yang digalakan untuk jadi keseimbangan perkembangan badan anak. Anak yang banyak bergerak itu bakal, ebih aktif. Saat mereka aktif, diinginkan mereka bakal gampang memperoleh pelajaran lantaran otaknya terus berperan dengan baik. Apabila butuh pemerintah dapat jadikan satu diantara permainan tradisional ini untuk permainan nasional yang dilombakan dengan cara resmi. Sudah pasti ketentuannya di buat standard hingga gampang diikuti.

Manfaat Benteng
Dalam permainan bentengan ini, pohon atau tiang tak saja berperan untuk markas. Ia juga bermanfaat untuk memperbarui kemampuan pemain supaya bisa menangkap lawan yang ada diluar bentengnya lebih lama. Bila pemain bisa menangkap lawan itu sebelum saat menyentuh pohon atau tiang bentengnya, maka lawan yang tertangkap itu bakal jadi tawanan serta mesti berdiri di samping markas.

Terselip arti bahwasanya saat mempunyai suatu hal, suatu hal itu mesti dipertahankan dengan sungguh-sungguh. Keterlibatan seluruhnya orang yang ada dalam satu regu itu bakal memastikan kemampuan regu itu sendiri. Inilah pelajaran bekerja dalam tim. Bahwasanya seluruhnya orang dalam regu mesti tahu manfaat serta posisi masing-masing. Kalaui ia tak disiplin, ia bukan sekedar bakal merugikan dianya, tetapi akan merugikan rekan-teman yang ada dalam timnya.

Kehilangan benteng berarti kehilangan semuanya. Seluruhnya anggota tim tertangkap serta mereka mesti menyerahkan apa yang dikira untuk suatu hal yang benar-benar bernilai. Kemampuan kekompakan itu bakal bikin anak memikirkan bahwasanya dianya mesti bermakna untuk kelompoknya. Bila ia dinilai lemah, maka ia bakal benar-benar gampang jadi tawanan dari grup lain. Karena, rekan-teman satu regunya mesti berupaya membebaskannya. Bila kiat salah, usaha pembebasan ini dapat jadi menjadi bumerang serta lawan dapat mengambil benteng.

Sering ada lawan yang terserang nyatanya benar-benar gampang bali menyerang serta merebut benteng. Terlebih bila regu yang terasa hebat meninggalkan bentengnya demikian saja tidak ada penjagaan sekalipun. Terasa hebat itu bakal merugikan lantaran bakal bikin terlena. Bila sudah terlena, maka kewaspadaan jadi menyusut. Hal inilah yang bakal mengakibatkan kekalahan telak. Pemain bentengan mesti tahu itu.

Langkah Menangkap Musuh
Bila pemain lihat lawan keluar dari bentengnya, biarlah ia mendekat. Tentukan satu diantara dari rekan satu grup yang dapat lari cepat. Saat di rasa jarak musuh dengan pemain telah dekat, selekasnya kejar musuh sekuat tenaga serta sentuh tubuhnya. Kemudian, selekasnya kembali ke markas supaya tak dikejar oleh rekan sang musuh. Janganlah lupa untuk menyentuh pohon atau tiang supaya kekuatannya sembuh. Musuh yang terkena tadi mesti ikhlas jadi tawanan di samping markas.

Langkah Membebaskan Rekan dari Tawanan Musuh
Ketentuan dalam bentengan, bila ada rekan satu kelompoknya yang tertawan, pemain lain bisa membebaskannya. Langkahnya cuma dengan menyentuh tangan atau sisi badan lain rekannya yang tertawan, maka ia bisa melarikan diri dari markas musuh. Cuma saja, jangan sempat lawan kembali menangkap tawanannya yang melarikan diri. Alih-alih bebas, bisa-bisa lawan jadi menangkap tawanan serta rekannya yang akan membebaskan itu.

Langkah Kuasai Benteng Lawan
Kemenangan pemain dalam permainan bentengan ini ditetapkan oleh dua hal, yaitu
1. Semua pemain lawan tertangkap serta jadi tawanan.
2. Pohon atau tiang untuk benteng lawan sukses dikuasai pemain.

Oleh karenanya, untuk memenangkan permainan bentengan ini, pemain mesti konsentrasi pada dua hal yakni menangkap pemain lawan atau membidik benteng lawan.
Merebut benteng lawan bakal susah bila pemain lawan tetap lengkap serta belum ada sebagai tawanan. Penjagaan juga bakal lebih ketat lantaran mereka bisa menyerang balik dengan cara bertukaran.

Jadi, tangkaplah dahulu beberapa pemain lawannya. Lalu lepaskan rekan-teman satu grup yang tertawan. Bila yang melindungi benteng musuh cuma satu orang, bakal lebih gampang bila mengepungnya. Pancing dia supaya keluar dari bentengnya, serta rebut benteng saat ia lengah.

Satu hal lagi, janganlah biarlah benteng sendiri tiada penjaga. Simpanlah seseorang pemain untuk melindungi markas serta tawanan supaya tak kebobolan. Ya, permainan bentengan benar-benar berguna untuk anak-anak. Bukan sekedar olah raga serta olah jiwa, anak-anak juga bakal terlatih jiwa sportifitasnya. Menang atau kalah tak jadi masalah, yang utama seru serta mengasyikkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar