Senin, 17 Maret 2014

Menjelejahi Pengetahuan Umum Berupa Gedung Tertinggi Dunia

Menjelejahi Pengetahuan Umum Berupa Gedung Tertinggi Dunia

Dunia mempunyai bermacam pesona. Tiap-tiap tempat di pojok dunia menaruh banyak kekhasan ataupun kekhasan sendiri. Dimulai dari kebudayaan, kesenian, masyarakat, tehnologi, makanan, tempat-tempat bersejarah serta lain sebagainya. Dalam hal semacam ini kerap kita menjumpai arti keajaiban dunia.

Menelusuri masalah pengetahuan umum dunia melahirkan banyak organisasi yang bergerak untuk mempelajari itu seluruhnya. Satu diantara yang cukup populer serta pernah menghebohkan di Indonesia yakni New 7 Wonder yang mengulas pengetahuan tentang 7 keajaiban dunia. 

Tidak cuma itu nyatanya ada juga organisasi lain yang mengulas tentang beberapa hal menarik didunia satu diantaranya adalah Council On Tail Buildings dan Urban Habitat (CTBUH). Ke-2 organisasi non keuntungan ini dibentuk pada th. 1969, serta keduanya konsentrasi untuk menelusuri masalah pengetahuan umum dunia berbentuk gedung paling tinggi didunia (The World Tallest Buildings).

Dalam lakukan penelitian tentang gedung paling tinggi didunia, organisasi itu mengaku bahwasanya yang masuk ke dalam daftar hanya gedung yang telah usai di bangun. Meskipun satu negara mempunyai wacana maupun proyek bangun gedung tertinggi didunia, bila gedung itu belum usai pembangunannya maka belum dapat masuk ke dalam daftar “The World Tallest Buildings”. Maka meskipun negara Arab Saudi tengah berencana untuk bangun Kingdom Tower dengan ketinggian 1000 m serta China dengan Sky City yang ketinggiannya 838. Namun ke-2 gedung itu belum dapat dikategorikan dalam gedung paling tinggi didunia ketika ini.

Gedung yang masuk dalam daftar gedung paling tinggi didunia mempunyai persyaratan penilaian yakni meliputi bangunan yang telah usai di bangun, mempunyai lantai terus-terusan yang kesemua lantainya occupable atau bisa dipakai. Adapun sebagai patokan ukuran ketinggian adalah titik paling tinggi pada gedung.

Barangkali sobat tak sempat berkeliling dunia untuk melihat sebagian keajaiban dunia terutama gedung-gedung paling tinggi didunia. Tersebut adalah tujuh gedung paling tinggi didunia :

1. Zifeng Tower
Ketinggian : 450 m (1480 kaki)
Negara Asal : Cina

Zifeng tower atau umum juga dimaksud Nanjing Greenland Financial Center memiliki ketinggian 450 mtr. atau 1. 480 kaki. Bangunan yang usai di bangun pada th. 2009 ini terdiri atas 66 lantai dengan perincian area ritel serta kantor yang tempati lantai bawah, lalu restoran, hotel dan area observatorium umum yang tempati lantai atas. Gedung yang mempunyai tangga yang fungsional ini adalah gedung paling tinggi ke-tujuh didunia.

2. Petronas Towers
Ketinggian : 452 m
Negara Asal : Malaysia

Bila kita bertandang ke negara tetangga. Malaysia kita bakal temukan juga satu diantara gedung tetinggi didunia yakni Petronas Twin Tower si Menara Kembar. Gedung ini pernah satu tahun lebih menempati peringkat pertama gedung paling tinggi didunia yakni pada th. 1998 hingga 2004.

Gedung ini mempunyai 88 lantai yang dengan cara seluruh terbuat dari beton bertulang yang dihiasi baja serta glass fa├žade dengan wujud mirip motif yang umum ditemukan dalam kesenian umat islam. Hal semacam ini untuk memberikan jati diri muslim di Malaysia yang disebut agama yang paling banyak diyakini di negara ini.

3. International Commerce Centre (ICC Tower)
Ketinggian : 484 m (1588 kaki)
Negara Asal : Hongkong

Bangunan paling tinggi di Hongkong ini mempunyai 118 lantai. Usai di bangun pada th. 2004, gedung ini memilki banyak sarana serta tempat elegan. Bila kita berkunjung ke lantai 102 bakal temukan satu diantara Hotel bintang lima terkenal didunia yakni Hotel Ritz- Carlton yang tempati ICC Tower hingga lantai 118.

Untuk yang mau liburan bisa tempati kamar elegan di lantai 117 yakni Prudential Suit yang cost menginapnya meraih 100. 000 HKD per malam. Hotel yang sediakan 312 kamar ini jadi hotel paling tinggi didunia yang juga sediakan kolam renang dan bar (OZONE) paling tinggi didunia.

4. The Shanghai World Financial Center (SWFC)
Ketinggian : 492 m
Negara Asal : Cina

Kelihatannya Cina memanglah suka pada gedung-gedung pencakar langit, hal semacam ini ditunjukan dengan hadirnya The Shanghai World Financial Center (SWFC) di distrik Pudong, Shanghai, Cina. Gedung yang mempunyai jumlah lantai 101 ini terdiri atas hotel, deck observasi, kantor, area konferensi serta pusat perbelanjaan di lantai bawah.

Seperti hal nya ICC Tower beberapa dari gedung ini juga digunakan untuk hotel. Dari lantai 79 hingga 93 dihuni oleh Park Hyatt Shanghai yang mempunyai 174 kamar juga suite.

5. Taipei 101
Ketinggian : 509 m
Negara Asal : Taiwan

Pada th. 2004 Taipei 101 pernah menempati peringkat pertama gedung paling tinggi didunia. Gedung yang terdapat di Distrik Xinyi, Taipei, Taiwan ini terbagi dalam 101 lantai diatas tanah juga 5 lantai yang terdapat dibawah tanah.

Gedung ini dianugerahi sertifikasi LEED Platinum yang disebut penghargaan paling tinggi dalam system penilaian lingkungan, kepemimpinan, daya, juga design pada bln. Juli 2011.

6. Abraj Al-Bait Towers
Ketinggian : 601 m
Negara Asal : Saudi Arabia

Untuk negara yang tiap-tiap tahunnya sering kali didatangi peziarah muslim dari semua penjuru dunia, Raja Abdul Aziz lalu bangun Abraj Al-Bait Towers untuk moderninasi kota suci Mekkah.

Gedung yang di kenal juga dengan nama Menara Mecca Royal Hotel Clock ini sukses memecahkan sebagian rekor dunia yakni luas lantai bangunan paling besar didunia, menara jam paling tinggi didunia juga muka jam paling tinggi didunia.

Pada th. 2012 bangunan ini pada akhirnya masuk ke dalam peringkat ke-2 gedung paling tinggi didunia menaklukkan Gedung Tapei 101 di Taiwan. Terdapat dekat dengan Masjidil Haram, satu diantara mesjid tersuci umat islam, bangunan ini mempunyai susunan bangunan yang melampaui Dubai International Airport yakni dengan luas lantai paling besar yakni 1. 500. 000 m persegi atau 16. 150. 000 kaki persegi. Bangunan ini sendiri terbagi dalam 120 Lantai.

7. Burj Khalifa
Ketinggian : 828 m (2. 722 kaki)
Negara Asal : Uni Emirat Arab

Serta inilah gedung yang tempati posisi pertama untuk gedung paling tinggi didunia yakni Burj Khalifa (Khalifa Tower).
Dalam peresmian gedung ini dijelaskan bahwasanya nama Burj Khalifa di ambil dari nama Presiden Uni Emirat Arab yakni Khalifa bin Zayed Al Nahyan untuk wujud penghormatan atas partisipasi serta dukungannya dalam pembangunan gedung itu.

Bangunan yang mempunyai keseluruhan lantai 163 ini mempunyai 2. 909 anak tangga yang terhubung hingga lantai 160. Burj Khalifa diprediksikan bisa menyimpan hingga 35. 000 orang kurun waktu yang berbarengan.

Untuk berikan kenyamanan pada pengunjung, gedung ini dilengkapi dengan 8 eskalator serta 57 lift yang mempunyai kecepatan angkut sampai 10 m/detik atau 33 kaki/detik. Lift yang mempunyai daya tampung 12 hingga 14 orang itu dilengkapi sebagian feature hiburan seperti monitor LCD yang disiapkan untuk melayani beberapa pengunjung sepanjang lakukan perjalanan menuju ke dek observasi.

Tersebut 7 gedung yang menempati peringkat untuk gedung paling tinggi didunia. Tidak tutup kemungkinan posisi ketujuh gedung itu tergeser oleh gedung lain yang nanti bakal menyusul keberadaanya. Tehnologi serta kecerdasan manusia jadikan banyak pengetahuan didunia bisa diwujudkan dalam wujud karya cipta yang mempesona terhitung gedung-gedung itu.

Jika ada rezeki berlebihan atau situasi keuangan Sobat tetap longgar, tak ada kelirunya Sobat menyempatkan saat untuk berkunjung ke sebagian tempat yang telah dijelaskan tadi. Ya, sembari refreshing melepas semua beban pekerjaan sembari menaikkan wawasan diri tentang sebagian keajaiban dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar